Reportase Kajian Dasar #1

Reportase Kajian Dasar ke 1

(Selasa, 30 Oktober 2018)

Departemen Kajian Strategi dan Advokasi Ikatan Mahasiswa Akuntansi (IMA FEB-UH)memberikan wadah bagi peserta untuk meningkatkan keilmuan. Kajian dasar hadir sebagai wadah peningkatan keilmuan tersebut. Kajian ini adalah kajian pertama dari Depertemen Kajian Strategi dan Advokasi Ikatan Mahasiswa Akuntansi (IMA-FEB UH), dimana materi yang dipaparkan adalah filsafat ilmu. Materi ini merupakan langkah awal dari kajian-kajian yang akan berlangsung kedepannya.

Metode yang digunakan pada kajian ini yaitu peserta yang terdiri dari Maba 2018 dibagi menjadi 4 kelompok dan setiap kelompok kemudian didampingi oleh masing-masing pemateri. Masing-masimg kelompok terdiri dari 20-24 orang dan berdurasi 90 menit. Kelompok satu dan dua di Fasilitatori oleh kanda Mustafa Inul Akhyar, dan Arif Fadillah yang bertempat di Samping E-Library,  kelompok ketiga di fasilitatori oleh kanda Unggul Okta di Himpunan IMA dan yang terakhir oleh Kanda Muhammad Ifan Fadillah di pelataran Studen Center. Setelah pemaparan materi, kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

Filsafat merupakan salah satu disiplin ilmu yang sangat mendasar, sehingga semua disiplin ilmu yang lain akan membutuhkan pijakan filsafat. Dengan demikian, kajian ilmiah yang terdapat dalam ilmu pengetahuan akan ditemukan hakikat, seluk beluk, dan sumber pengetahuan yang mendasarinya.Filsafat dan ilmu pada dasarnya adalah dua kata yang saling terkait, baik secara substansial maupun historis, karena kelahiran ilmu tidak lepas dari peranan filsafat.

Adapun sub materi yang di bahas adalah :

  • Pengertian dan substansi Filsafat ilmu
  • Ontologi, dan Aksiologi
  • Epistemologi
  • Aksiologi

 

 

 

Kajian ini berlangsung lancar dan tidak ada hambatan pada kegiatan ini. Adapun tujuan dari kajian iniadalah memberikan pengetahuan tentang arti, kedudukan, konsep dasar, ruang lingkup dan fungsi filsafat ilmu sebagai landasan berpikir

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Close Menu