Review Materi NEGOTIATED FINANCING

 

Review Materi

NEGOTIATED FINANCING

Ainun Namira Putri

Pembiayaan yang dinegosiasikan adalah salah satu dari dua kategori pembiayaan jangka pendek. Pembiayaan yang dinegosiasikan adalah pembiayaan yang membutuhkan negosiasi. Ini terdiri dari kredit pasar uang dan baik pinjaman aman dan tanpa jaminan di pasar publik atau swasta. Dengan kata lain, pembiayaan yang dinegosiasikan harus diatur secara formal yang membuatnya tidak spontan atau otomatis.

Seperti disebutkan sebelumnya, kredit pasar uang adalah salah satu jenis pembiayaan yang dinegosiasikan. Sumber utama dari kredit pasar uang meliputi surat komersil, line of credit, dan akseptor bankir. Van Horne & Wachowicz (2008, pp. 287-288) dan Ehrhardt & Brigham (2010, p. 676) menggambarkan ketiga sumber pendanaan yang dinegosiasikan sebagai berikut:

 

  • Commercial paper

Kertas komersial adalah surat promes jangka pendek, tidak aman, dan dapat dinegosiasikan yang diterbitkan oleh perusahaan besar yang sudah mapan dan dijual ke perusahaan bisnis dan asuransi lain, dana pensiun, reksadana pasar uang, dan kepada bank. Dengan kata lain, kertas komersial adalah utang jangka pendek tanpa jaminan yang dikeluarkan oleh perusahaan besar, yang secara finansial kuat dan dijual di pasar uang. Kertas komersial yang berdiri sendiri akan menjadi nama lain untuk kertas komersial karena pembayaran jaminan disediakan oleh kertas komersial itu sendiri. Keuntungan dari kertas komersial adalah lebih murah daripada pinjaman bisnis jangka pendek dari bank komersial. Lebih baik untuk meminjam secara tidak aman karena biaya pembukuan dari pinjaman dijamin lebih tinggi. Kertas komersial hanya dapat digunakan oleh perusahaan besar dengan peringkat kredit yang sangat tinggi meskipun biayanya lebih rendah daripada biaya pinjaman bisnis. Dengan kata lain, hanya perusahaan yang paling layak kredit yang dapat menggunakan kertas komersial sebagai sumber pembiayaan jangka pendek karena catatan ini adalah instrumen pasar uang yang memberi mereka pembiayaan ketika mereka dijual kepada investor baik secara langsung oleh penerbit atau tidak langsung melalui dealer. Makalah komersial terdiri dari dua bagian:

  • The dealer market

Perusahaan industri, perusahaan utilitas dan perusahaan keuangan menengah menjual kertas komersial melalui dealer. Pasar dealer adalah penjualan tidak langsung melalui dealer yang terjadi ketika dealer membeli kertas komersial dari penerbit dan menjualnya kepada investor.

  • The direct placement market

Pasar penempatan langsung adalah penjualan langsung oleh penerbit yang terjadi ketika perusahaan memintas pasar dealer untuk menjual kertas mereka langsung kepada investor.

  • Letter of credit (L/C)

Letter of credit adalah janji dari pihak ketiga (bank) untuk pembayaran jika kondisi tertentu terpenuhi. Ini sering digunakan untuk menjamin pembayaran suatu kewajiban. Dengan kata lain, pemberi pinjaman (bank) memberikan letter of credit dengan biaya tertentu untuk menjamin peminjam (investor) bahwa kewajiban perusahaan akan dibayarkan.

 

  • Bankers’ acceptances

Akseptasi para bankir adalah surat utang perdagangan jangka pendek di mana bank menjanjikan untuk membayar pemegangnya jumlah nominal pada saat jatuh tempo. Ini bisa menjadi sumber pembiayaan yang berarti bagi perusahaan yang terlibat dalam perdagangan luar negeri atau pengiriman domestik barang-barang berharga tertentu. Pasar cair memberikan tingkat yang sama dengan tarif kertas komersial.

Bank / pinjaman bisnis merupakan sumber penting dari kredit jangka pendek. Pinjaman dari bank komersial muncul di neraca sebagai wesel bayar. Mereka dianggap sebagai self-liquidating karena aset yang dibeli dengan hasil menghasilkan arus kas yang cukup untuk melunasi pinjaman. Kepentingan bank lebih besar daripada yang terlihat dari jumlah dolar yang ditampilkan pada neraca karena bank menyediakan dana non-tunai.

 

 

 

Judul Buku: Fundamental of Financial Management 13thEdition

Penulis: James C. Van Horne, John M. Wachowicz

 

 

Tinggalkan Balasan

Close Menu